Sejarah Berdirinya UIN Abdul Muthalib Sangadji Ambon
Gagasan tentang pembangunan IAIN di Maluku pertama kali bergulir sekitar tahun 1960-an. Tetapi gagasan ini baru terealisasi pada tahun 1966 dengan dibukanya beberapa fakultas berstatus filial dari IAIN Alauddin Ujung Pandang. Di awal tahun 1980-an, gagasan untuk membangun IAIN di Maluku kembali muncul, diinisiasi oleh Kanwil Depag Provinsi Maluku. IAIN Maluku didorong menjadi filial dari IAIN Alauddin Ujung Pandang. Tahun 1982, fakultas syariah didirikan dengan dua jurusan, yaitu Peradilan Agama dan Pidana Perdata. Setahun kemudian, 1983, didirikan lagi Fakultas Ushuluddin, dengan dua jurusan, yaitu Jurusan Aqidah Filsafat dan Jurusan Dakwah.
Status filial IAIN Ambon bertransformasi menjadi fakultas defenitif ke-15 dan ke-16 dari IAIN Ujungpandang terjadi pada tahun 1988 menyusul dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 1987 dan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI Nomor 18 Tahun 1988. Peresmian kedua fakultas defenitif baru ini, Syariah dan Ushuluddin, ditandai dengan pelantikan dekan defenitif pada kedua fakultas pada tanggal, 28 Agustus 1988, sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI Nomor: B.II/3/7620/1988 tertanggal 5 Juli 1988. Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 11 Tahun 1997, tertanggal 21 Maret 1997, IAIN Ujungpandang Cabang Ambon bertransformasi menjadi STAIN Ambon.
Pada tahun 2006, STAIN Ambon bertransformasi menjadi IAIN Ambon berdasar pada Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor: 111 Tahun 2006, tertanggal 29 Desember 2006.
Dalam usianya yang ke-16 tahun, seiring dengan kecenderungan perkembangan dan perubahan zaman yang berjalan demikian cepat IAIN Ambon kembali dituntut untuk melakukan transformasi, menjadi UIN Abdul Muthalib Sangadji Ambon. Usaha ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2015, munculnya kebijakan moratorium transformasi kelembagaan pendidikan tinggi agama negeri oleh Kemenag pada tahun 2017, mengakibatkan usaha itu terhenti. Oleh karena moratorium akan dicabut pada tahun 2020, IAIN Ambon pada tahun 2019 kembali melanjutkan usahanya, namun ada syarat yang belum terpenuhi. Begitupun di tahun 2023 masih ada syarat yang belum terpenuhi.
Di tahun 2025, tanggal 8 Mei IAIN Ambon resmi bertransformsi menjadi UIN Abdul Muthalib Sangadji Ambon yang selanjutnya disebut dengan UIN A.M. Sangadji Ambon berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2025.
Kondisi UIN AM Sangadji Ambon dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut:
KOMPONEN | UNSUR | Th 2025 | Th 2024 | Th 2023 | Th 2022 | Th 2021 | Th 2020 | ||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Kualifikasi Pendidikan Dosen | 1 | Magister | 163 | 136 | 138 | 150 | 155 | 153 | |
2 | Doktor | 53 | 52 | 49 | 40 | 30 | 11 | ||
Kepangkatan Akademik | 1 | Asisten Ahli | 45 | 35 | 40 | 74 | 72 | 54 | |
2 | Lektor | 114 | 99 | 94 | 65 | 62 | 65 | ||
3 | Lektor Kepala | 47 | 51 | 48 | 47 | 46 | 46 | ||
4 | Guru Besar | 10 | 5 | 5 | 4 | 5 | 4 | ||
Rasio Dosen/ Mahasiswa | 1 | Ilmu agama | 1:32 | 1:40 | 1:40 | 1:32 | 1:32 | 1:33 | |
2 | Ilmu umum | 1:19 | 1:30 | 1:30 | 1:19 | 1:19 | 1:11 | ||
3 | Program Profesi | 1:15 | 1:15 | - | - | - | - | ||
Jumlah Mahasiswa | 1 | Jumlah Pendaftar Prodi Agama | 315 | 393 | 348 | 386 | 344 | 403 | |
2 | Jumlah yang diterima Prodi Agama | 309 | 386 | 346 | 385 | 341 | 399 | ||
3 | Jumlah Pendaftar Prodi Umum | 530 | 398 | 418 | 435 | 280 | 359 | ||
4 | Jumlah yang diterima Prodi Umum | 524 | 388 | 417 | 431 | 277 | 359 | ||
5 | Mahasiswa dari luar negeri | 3 | 3 | 3 | 3 | 0 | 0 | ||
6 | Masa Studi Mahasiswa | 4 tahun | 4 tahun | 4 tahun | 4 tahun | 4 tahun | 4 tahun | ||
7 | Lulus Tepat Waktu | 238 | 262 | 221 | 150 | 157 | 61 | ||
IPK Lulusan | 1 | Pujian (%) | 86% | 55% | 46% | 18% | 14% | 11% | |
2 | Sangat Memuaskan (%) | 14% | 45% | 54% | 82% | 86% | 87% | ||
3 | Memuaskan (%) | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1% | ||
Akreditasi Program Studi | 1 | Unggul/ A | 5 | 3 | 3 | 3 | 1 | 0 | |
2 | Baik Sekali/ B | 28 | 29 | 14 | 11 | 12 | 11 | ||
3 | Terakreditasi | 14 | 14 | 12 | 9 | 8 | 10 | ||
Akreditasi Institusi | 1 | Institusi/lembaga (nasional) | BAIK SEKALI | BAIK SEKALI | BAIK SEKALI | BAIK SEKALI | B | B | |
2 | Institusi/lembaga (internasional) | - | - | - | - | - | - | ||
Jumlah Program Studi/Fakultas | 1 | Fakultas | 5 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | |
2 | Program Studi S1 | 28 | 28 | 21 | 21 | 21 | 21 | ||
3 | Program Studi S2 | 5 | 5 | 5 | 3 | 3 | 3 | ||
4 | Program Studi S3 | - | - | - | - | - | - | ||
Jumlah Kerja Sama Internasional | - | - | - | - | - | - | |||
Jurnal Ilmiah | 1 | Jumlah Jurnal | 10 | 9 | 9 | 5 | 5 | 5 | |
2 | Jumlah Akses Jurnal internasional | 151 | 150 | 150 | 100 | 100 | 100 | ||
Jurnal Terindeks | 3 | Q1 | 10 | 21 | 10 | 11 | 6 | 5 | |
4 | Q2 | 12 | 23 | 20 | 5 | 10 | 4 | ||
5 | Q3 | 26 | 24 | 12 | 13 | 30 | 35 | ||
6 | Q4 | 2 | 25 | 14 | 10 | 8 | 6 | ||
7 | Q5 | 30 | 31 | 25 | 27 | 10 | 10 | ||
8 | Internasional (sebutkan) | - | - | - | - | - | - | ||
9 | Jumlah Sitasi Penelitian | 567 | 452 | 371 | 453 | 345 | 455 | ||
Jumlah Tenaga Kependidikan | 1 | Jabatan Pelaksana | 39 | 27 | 26 | 26 | 28 | 30 | |
2 | Jabatan Fungsional non-dosen | 82 | 21 | 20 | 18 | 17 | 5 | ||
Kepangkatan Jabatan Fungsional non-dosen | 1 | Ahli Pertama | 70 | 8 | 6 | 6 | 4 | 4 | |
2 | Ahli Muda | 9 | 10 | 11 | 9 | 10 | 0 | ||
3 | Ahli Madya | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 1 | ||
4 | Ahli Utama | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
5 | Keterampilan Penyelia | 3 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
6 | Keterampilan Mahir | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
7 | Keterampilan Pelaksana Lanjutan | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | ||
Profesi Alumni | 1 | Pendidik (Dosen-Guru) | 150 | 114 | 129 | 90 | 89 | 85 | |
2 | ASN non-pendidik | 123 | 110 | 70 | 70 | 68 | 67 | ||
3 | Kyai/Ustadz/Penceramah/dai | 18 | 5 | 5 | 1 | 1 | 1 | ||
4 | TNI-Polri | 3 | 3 | 2 | 2 | 1 | 1 | ||
5 | Wiraswasta/Pengusaha | 110 | 110 | 68 | 50 | 42 | 41 | ||
6 | Politisi/Anggota Dewan | 7 | 7 | 7 | 7 | 4 | 4 | ||
7 | Wartawan/Penyiar TV | 10 | 10 | 8 | 6 | 5 | 5 | ||
8 | Jurnalis/Penulis | 6 | 6 | 6 | 5 | 4 | 3 | ||
9 | Perbankan | 12 | 12 | 10 | 10 | 2 | 2 | ||
10 | Hakim/Jaksa/Advokat | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | ||
11 | Lainnya .... (lanjut Studi) | 50 | 45 | 45 | 45 | 40 | 40 | ||
Tracer Study | relevansi pendidikan-dunia kerja | 95% | 95% | 95% | 90% | 85% | 85% | ||
Sarana dan Prasarana | 1 | Tanah/Lahan | 61 ha | 27 ha | 27 ha | 27 ha | 27 ha | 27 ha | |
2 | Gedung | 12 | 12 | 12 | 12 | 12 | 12 | ||
a | Jumlah Ruang Kuliah | 92 | 92 | 92 | 92 | 92 | 92 | ||
b | Jumlah Ruang Administrasi | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 | ||
c | Jumlah Ruang Perpustakaan | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | ||
d | Jumlah Ruang Komputer | 4 | 4 | 1 | 1 | 1 | 1 | ||
e | Jumlah Ruang Laboratorium | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | ||
f | Jumlah Ruang praktikum | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | ||
g | Ruang Dosen Tetap | 9 | 9 | 9 | 9 | 9 | 9 | ||
3 | Judul Buku Perpustakaan (Induk) | 16800 | 14880 | 14880 | 14880 | 14880 | 14880 | ||
4 | Judul e-book (berlangganan) | - | - | - | - | - | - | ||
Penghargaan Nasional**) | 1 | Akademik | 151 | 147 | 145 | 145 | 141 | 140 | |
2 | Non-Akademik | 245 | 205 | 201 | 195 | 189 | 189 | ||
Penghargaan Internasional **) | 1 | Akademik | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 | 2 | |
2 | Non-Akademik | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | ||
Kurikulum dan Kelas Internasional | 3 | 3 | 3 | 3 | - | - | |||
Kinerja Kemitraan Penelitian***) | 51 | 50 | 43 | 43 | 43 | 43 | |||
Produktifitas Penelitian***) | 51 | 50 | 43 | 43 | 43 | 43 | |||
Kinerja Anggaran Penelitian***) | 51 | 50 | 43 | 43 | 43 | 43 | |||
Kinerja Publikasi Dosen***) | 51 | 50 | 43 | 43 | 43 | 43 | |||
Fasilitas Internet Mahasiswa ***) | 565 Mbps | 500 Mbps | 1000 Mbs | 1000 Mbs | 1000 Mbs | 500 Mbps |